Tips Sukses Memulai Bisnis Travel Untuk Anda Yang Gemar Jalan

Siapa yang tidak mau memiliki bisnis yang sukses namun juga jalan-jalan? Saat ini sudah banyak para pemilik bisnis yang dapat menjalankan bisnisnya dari mana saja dan memiliki jam kerja yang fleksibel. Salah satu bisnis yang memungkinkan Anda untuk sambil berpergian tentu saja bisnis travel. Segala bisnis tentunya memerlukan usaha yang tidak instan, begitu juga dengan bisnis travel. Banyak membutuhkan kesabaran, displin dan juga mengetahui skill apa yang dibutuhkan dan apa yang dapat Anda kerjakan. Berikut ini beberapa tips dan cara sukses memulai bisnis travel untuk Anda yang gemar jalan-jalan namun juga ingin mendapatkan penghasilan.

Tentukan bisnis travel apa yang Anda ingin miliki
Setiap bisnis baik travel maupun tidak pasti akan perlu menentukan jenis atau fokus dari bisnis. Produk atau jasa apa yang Anda ingin jual? Apabila bisnis Anda berupa travel, apakah Anda akan fokus untuk open trip destinasi wisatanya, agen booking hotel atau pesawat? Dengan menentukan fokus bisnis Anda, maka akan lebih mudah nantinya untuk Anda mengembangkan bisnis Anda.

Buat sasaran yang jelas untuk destinasi wisata Anda
Apabila usaha Anda fokus pada destinasi wisata, Anda perlu menentukan titik atau destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Buatlah sebuah roadmap dan lakukan research terlebih dahulu untuk setiap tempat yang menarik. Apabila Anda merencanakan destinasi pada satu tempat seperti kota, usahakan jarak antara satu titik dan titik lain tidak lebih dari 200 kilometer, untuk menghemat waktu dan tenaga.

Buat bisnis travel Anda secara online
Tidak mungkin bisnis saat ini dapat bertahan tanpa bantuan dari internet. Maka dari itu, Anda harus memprioritaskan untuk membuat bisnis Anda secara online. Buat akun media sosial bisnis Anda dan tulis informasi penting untuk para calon pelanggan Anda. Berikan juga informasi seperti harga, tanggal, tujuan wisata dan informasi kontak Anda.

Perluas jaringan dan kerjasama bisnis Anda
Dalam berbisnis tentunya jaringan dan kerjasama adalah hal yang dibutuhkan. Anda memerlukan banyak jaringan dan kerjasama untuk mendukung bisnis Anda. Anda bisa bekerjasama dengan travel agent konvensional, maupun online. Buatlah kesepakatan bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak. Anda bisa mencoba bermitra dengan salah OTA (Online Travel Agent) seperti Vokamo yang menawarkan banyak pilihan paket liburan hemat di Indonesia dan Asia.


Buat penawaran yang menarik
Tingginya minat masyarakat saat ini untuk berjalan-jalan, tentu Anda harus membuat penawaran yang menarik agar para calon pelanggan Anda memutuskan untuk menggunakan jasa Anda. Jangan lupa untuk melihat musim, terutama saat musim hujan. Jangan buat tour pantai apabila sedang musim hujan, lebih baik memilih destinasi yang memang tidak masalah apabila terkena hujan. Buat juga serangkaian paket restoran atau tempat makan lainnya kedalam paket tur Anda. Hal ini akan mempengaruhi minat orang untuk memilih paket tour Anda.

Daftarkan merk bisnis Anda
Untuk permulaan, agar tidak terjadi masalah disaat Anda sedang menjalani bisnis Anda, maka Anda perlu mendaftarkan merk bisnis Anda. Setelah Anda menentukan profil bisnis Anda, Anda perlu membuat bisnis Anda diakui oleh pihak yang berwenang. Laporkan bisnis Anda secara resmi dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal ini harus dilakukan agar Anda mendapatkan kuasa hukum yang jelas, ketika sewaktu-waktu ada masalah yang harus diselesaikan.

Rencanakan strategi pemasaran yang matang
Berbagai bisnis yang sudah muncul di pasaran akan menjadi kompetitor Anda. Salah satu hal yang membuat bisnis berbeda dari bisnis lainnya adalah cara pemasaran. Rencanakan strategi pemasaran yang matang untuk bisnis Anda. Baik itu offline maupun online. Untuk online, maksimalkan peran iklan di sosial media, search engine dan Adwords. Sesuaikan anggaran Anda untuk keperluan pemasaran Anda. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan promosi offline, dari mulai mencetak flyer atau brosur Jangan lupa juga untuk membawa kartu nama Anda kemanapun Anda pergi.

Itu tadi beberapa tips untuk memulai bisnis travel Anda untuk yang gemar jalan-jalan. Apabila Anda memang bertekad untuk memiliki bisnis travel Anda sendiri, segera niatkan dan lakukan!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*